Skip to main content

Search This Blog

10 Persiapan yg Perlu Dilakukan Sebelum Update iOS 11

10 Preparations to Do Before iOS Update 11 – Dalam waktu dekat akan iOS 11 akan dirilis. Sistem operasi mobile Apple ini punya banyak fitur baru dibandingkan versi sebelumnya, iOS 10.3 tapi sayangnya update iOS 11 belum tersedia dalam versi final.

Install iOS 11 public beta di iPhone, iPad atau iPod touch hanya diperuntukkan bagi mereka yg sudah mendaftar program public beta Apple. Tapi kami menyarankan untuk tidak terburu-buru karena iOS 11 masih punya banyak bugs.

Kabar baiknya, kita sudah mampu download iOS 11 versi final minggu depan, 19 September 2017 sesuai dengan informasi yg dikutip PANDUANMAC dari laman Apple. kamu tidak perlu lagi khawatir dengan adanya error karena telah diperbaiki saat tahap public beta kemarin.


10 Persiapan Penting yg Perlu Dilakukan Sebelum Update iPhone, iPad dan iPod touch ke iOS 11

Nah, agar kamu tidak mengalami masalah atau kewalahan saat iOS 11 dirilis selain harus mengetahui perangkat iOS (iPhone, iPad dan iPod touch) yg mendukung iOS 11, ada juga beberapa hal penting yg harus dilakukan sebelum update iOS 11 yg sudah kami rangkum dari laman Apple Support dan sumber terpercaya di bawah ini.

1. Koneksi Internet

Hal yg harus dilakukan pertama kali sebelum update iPhone, iPad atau iPod touch ke iOS 11 ialah memastikan perangkat terhubung internet. Koneksi internet dibutuhkan untuk mengunduh file firmware iOS dari server Apple ke perangkat iOS.

seumpama memang paket data habis, kamu mampu menggunakan sharing internet dari Mac ke iPhone, iPad atau iPod touch. Tidak hanya untuk keperluan download iOS 11, koneksi internet juga diperuntukkan melakukan verifikasi perangkat, Apple ID serta konfigurasi lainnya.

Sekalipun kamu sudah download dan mempersiapkan file firmware iOS 11 terbaru, kamu juga akan diminta untuk terkoneksi internet saat mengupdate ke iOS 11 atau terhubung ke server Apple. seumpama tidak, akan muncul error saat update iOS.

2. Cek Apakah Perangkat iOS Mendukung iOS 11

Hal lain yg juga harus kamu perhatikan sebelum update iOS 11 ialah mengecek kompabilitas, perangkat iOS yg support iOS 11.

Mana saja sih, perangkat iOS yg mendukung iOS 11?

seumpama kamu masih juga bingung atau malah tidak tahu sama sekali iPhone, iPad dan iPod touch yg mendukung iOS 11, caranya cukup mudah kamu hanya perlu mengecek seri perangkat iOS yg ada.

Hanya prosesor iPhone berarsitektur 64 bit yg mendukung iOS 11. Dalam sejarah iPhone, seri 5S ialah iPhone pertama yg dibekali prosesor tersebut dan spesifikasi iPhone paling rendah yg mendapatkan update iOS 11.

3. Kenali Lebih Jauh iOS 11

Setelah mengetahui apakah smartphone Apple milikmu itu masuk didalam daftar yg mendukung iOS 11. setelah itu, kamu harus mencari tahu informasi lebih detail mengenai iOS 11 itu sendiri?

Seperti kata pepatah “Tak kenal maka tak aku”. Untuk itu, kamu harus membaca informasi lengkap mengenai iOS 11 di laman Apple agar mampu memaksimalkan penggunaan fitur iOS 11.

Ada beberapa fitur iOS 11 yg paling bagus menurut kami seperti rekam layar iPhone tanpa aplikasi, Siri lebih cerdas, notification bar, Files, pesan terintegrasi dengan berbagai aplikasi, tampilan baru App Store, dan masih banyak fitur lainnya.

4. Download Firmware iOS 11

Setelah kamu mengetahui iPhone, iPad dan iPod touch mana yg mendukung iOS 11. Langkah setelah itu yg harus dilakukan ialah mengunduh file firmware iOS 11.

Ada 2 pilihan seumpama kamu ingin download iOS 11. Pertama, mengunduhnya secara langsung via perangkat dan yg kedua ialah download dari situs Apple.

Kami menyarankan kamu melakukan manual update ke iOS 11 dengan cara download firmware iOS 11 terlebih dahulu kemudian restore iOS dengan iTunes. Hal ini dimaksudkan agar sistem operasi menjadi fresh.

5. Periksa Kapasitas Penyimpanan

Hal penting lainnya yg harus dilakukan sebelum update ke iOS 11 ialah mengecek kapasitas penyimpanan. kamu tidak mengalami gagal update saat download iOS 11 seumpama kapasitas memori tidak mencukupi atau lebih kecil dari file firmware yg akan diunduh.

Untuk melihat kapasitas penyimpanan yg masih tersedia di iPhone, iPad dan iPod touch masuk Settings – General – About. Angka yg tertulis pada baris Avalaible ialah besar kapasitas memori yg masih kosong atau dengan cara tap General – iPhone Storage.

seumpama kapasitas memori sudah hampir penuh, kamu mampu mengosongkan dengan cepat memori perangkat iOS dengan menghapus beberapa aplikasi yg memakan storage dengan cara pilih Settings – Apple ID, iCloud, iTunes & App Store – iCloud – Manage Storage atau Settings – General – iPhone Storage kemudian lihat mana aplikasi yg kapasitasnya paling besar.

6. Periksa Daya Baterai

Persiapan lain yg harus dilakukan sebelum update iOS 11 ialah memeriksa daya baterai.  kamu tidak akan mampu download OTA (Over The Air) update seumpama baterai dalam kondisi lemah.

Hal ini bertujuan agar pengguna proses update berjalan dengan lancar. Kita tidak mampu memastikan berapa lama waktu yg butuhkan untuk download, verifikasi dan install iOS 11 menjadi tergantung dari kecepatan internet yg kamu gunakan.

seumpama memang baterai iPhone masih lemah, sebaiknya kamu charging terlebih dahulu hingga pengisian daya baterai lebih dari 50%. Lebih bagus lagi seumpama mengupdate iOS 11 sambil men-charge perangkat iOS tersebut.

kamu tidak akan mampu update ke iOS 11 atau menekan tombol Download seumpama daya baterai yg tersisa kurang dari 50%.

7. Backup Data

Ini ialah aku satu hal terpenting yg juga harus dilakukan sebelum update ke iOS 11. kamu tentunya tidak ingin kehilangan data yg tersimpan di iPhone, iPad ataupun iPod touch.

Sebelum kamu download iOS 11 di iPhone atau perangkat iOS yg mendukung iOS 11, harus melakukan backup data terlebih dahulu. Ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan data penting seperti video, foto, dan file lainnya hilang setelah upgrade ke iOS 11.

Ada 2 cara membackup data iPhone, iPad dan iPod touch. yg pertama, backup file via iTunes dan yg kedua membackup data dengan layanan iCloud dari Apple.

seumpama data kamu cukup banyak atau lebih dari 5GB, sebaiknya backup data dengan iTunes mengingat kapasitas penyimpanan gratis yg disediakan oleh iCloud hanya 5GB saja. Bagi kamu yg sudah membeli penyimpanan untuk keperluan upgrade iCloud storage di layanan penyimpanan Apple itu tidak perlu lagi repot-repot menghubungkan perangkat iOS ke Mac.

8. Update Aplikasi iOS di App Store

Memperbaharui aplikasi di perangkat iOS tidak menjadi keharusan ketika akan mengupdate ke iOS 11. Tapi kami menganjurkannya agar kamu tidak mengalami crash saat menjalankan aplikasi setelah proses update ke sistem operasi mobile Apple selesai.

Untuk mengupdate aplikasi iOS, buka App Store kemudian tap Updates – Update All untuk memperbaharui semua aplikasi. Umumnya, pengembang sudah mempersiapkan update aplikasinya di App Store sebelum iOS terbaru dirilis.

Jadi, setelah berhasil menyelesaikan proses update iOS 11, semua aplikasi siap untuk digunakan.

9. Pilih Waktu Terbaik

Setelah mengetahui 8 persiapan penting sebelum update iOS 11 diatas, sebenarnya sudah cukup. Tapi terkadang ada beberapa orang yg selalu terburu-buru ketika melihat ada pembaharuan di menu Software Update.

Padahal, update iOS saat waktu luang ialah pilihan tepat bagi kamu yg punya rutinitas baik itu sebagai mahasiswa, tenaga pengajar ataupun orang kantoran. Hari libur atau akhir pekan ialah pilihan waktu terbaik seumpama ingin update ke iOS terbaru ini.

10. Downgrade iOS 11 ke iOS 10.3 seumpama Diperlukan

Tidak ada salahnya kamu mengunduh firmware iOS 10.3 final sebelum melakukan proses update iOS 11. Sebagaimana iOS versi sebelumnya, ketika baru dirilis diyakini masih adanya beberapa bugs sekalipun setelah melewati versi beta beberapa kali.

Untuk itu, ada bagusnya seumpama kamu download firmware iOS 10 versi terakhir bahwa iOS 10.3.3 final sehingga memudahkan saat kamu ingin downgrade iOS 11 ke iOS 10.3 seumpama mendapati masalah setelah update iOS 11.

Penutup

Beberapa persiapan penting diatas perlu dilakukan sebelum update iOS 11. Apalagi, iOS 11 versi publik tidak lama lagi akan rilis termasuk untuk pengguna perangkat iOS di Indonesia tepatnya pada 19 September 2017 nanti.

seumpama nantinya kamu mendapati gagal update atau prosesnya cukup lama hingga berjam-jam, tidak perlu panik karena pada saat hari itu server Apple sedang diakses oleh banyak pengguna.

Baca Juga Info Smartphone Lainnya di 7gadget.tech