Skip to main content

Search This Blog

Cara Mengatasi Android Cepat Panas Dan Penyebabnya

How To Overcome Android Fast And Heat Causes Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah tutorial untuk kamu pengguna smartphone android . Banyak dari pengguna HP berbasis android mengalami hal yang janggal. Suhu smartphone cepat naik dan menjadi panas walau hanya di gunakan untuk membuka video, bermain game, atau sedang menambah daya. Jika hal ini kamu alami tidak usah khawatir karena panas itu masih hal yang sangat wajar, hal tersebut biasa terjadi karena banyak aplikasi yang masih aktif dibelakang layar.

Meski wajar, kamu tidak boleh membiarkan hal ini terjadi secara terus menerus karena jika hp panas akan boros dalam hal konsumsi baterai. Dan tidak menutup kemungkinan dapat membuat smartphone menjadi lambat (lemot) bahkan sering blankKenali beberapa penyebab dan cara mengatasi hp yang mudah panas dan lemot, kemudian kamu baru dapat menentukan langkah apa yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan suhu tinggi pada smartphone kamu.

Cara Mengatasi Smartphone Android Cepat Panas Dan Penyebabnya

Penyebab hp cepat panas


1. Terlalu banyak aplikasi dan fitur yang aktif

Dari beberapa kasus yang sering terjadi adalah pengguna / kamu jarang menutup aplikasi secara semestinya setelah di pakai. kamu lebih suka menekan tombol home untuk langsung keluar dan masuk ke menu awal smartphone, hal seperti ini tidak akan menutup aplikasi tapi hanya berpindah tampilan. Sehingga apa saja yang kamu operasikan akan tetap berjalan semestinya dan lama-semakin lama bertumpuh dan memberatkan kerja ram serta memori.

2. Menggunakan Live Walpaper

Mungkin bagi kamu yang belum tahu ini adalah hal sepele, background dan waktu standby layar yang cerah terlalu lama yang di ikuti gambar bergerak dapat menyita dan memperlambat kerja smartphone. Karen untuk mengolah dan menampilkan gambar seperti yang kamu inginkan di atas akan mengkonsumsi ram dan baterai juga menjadi lebih boros di bandingkan kamu memakai walpaper biasa.

3. Cache dan berkas sisa aplikasi menumpuk

Luangkan waktu sedikit untuk membersihkan semua riwayat yang kamu tinggalkan setelah memakai hp. Membuang atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang layar serta cache secara berkala agar ponsel punya memori yang cukup untuk beroperasi dengan lancar. Untuk kamu pengguna smartphone oppo dapat melihat caranya di sini.

4. Aplikasi membuat dan meninggalkan bug

Kebanyakan software yang kamu download melalui play store dan sumber lainya akan menghasilkan bug. Ini adalah suatu cacat desain yang dimiliki pada perangkat lunak yang mengakibatkan terjadinya sebuah galat pada peralatan atau program sehingga meyebabkan aplikasi tidak berfungsi semestinya. 

Untuk mencegah ini sebaiknya kamu pilih beberapa aplikasi yang tidak meninggalkan bug. Atau kamu dapat mengidenitifikasi-nya terlebih dahulu dan timbang baik buruknya bug tersebut untuk kamu.

5. Menggunakan HP saat di Cash

kami tahu kamu orang sibuk atau gamers sejati yang keseharianya tidak lepas dari gadget. Perlu kamu tahu’ ponsel yang sedang di cash akan lebih cepat naik suhunya jika di operasikan. Terlebih di gunakan untuk browsing atau sekedar bermain game balap motor.

Hal serupa jangan sering kamu lakukan jika ponsel sedang di cas. Sebaiknya matikan ponsel sebelum di sambungkan dengan charge agar tidak ada pesan masuk atau kamu ingin buru-buru mencabut dan memainkannya.

6. Dekat dengan benda panas atau api

Untuk menghindari suhu panas yang datang dari luar phonsel sebaiknya kamu jauhkan hp dari beberapa benda yang mempunyai suhu tinggi. Jangan simpan gadget di atas barang elektronik yang sedang menyala seperti televisi. Dekat sumber api seperti kompor, atau bahkan dari air mendidih dan lampu dengan daya yang besar.

7. Baterai Rusak atau Konslet

Hal ini dapat menyerang hp merek apa saja dan biasanya baterai yang cepat rusak atau konslet dapat dengan cepat menimbulkan panas. Kerusakan ini biasa terjadi jika kamu suka cabut colok dan memainkan ponsel saat sedang di isi ulang.

8. Suhu Ruangan Tinggi

Jaman memang sudah modern dan telah ada air condition untuk menjaga suhu ruangan tapi, tidak semua orang mempunyai AC. Temperatur dalam ruangan yang tinggi dapat berpotensi meningkatkan suhu HP android kamu. silahkah bisa kamu coba perbedaan antara menggunakan hp pada ruangan panas dengan ruangan ber AC.

9. Efek samping Overlock

Jika and merasa HP kamu kurang cepat dalam mengelola data dan sebagainya. Harap hindari melakukan overlock pada smartphone, dengan adanya aktifitas tersebut hp kamu akan jauh lebih cepat sehingga akan memaksa ram bekerja cukup keras dari pada saat keadaan normal. Selain dapat menyebabkan over heating hal ini juga bisa saja menyebabkan konsumsi daya berlebih yang akan membuat hp cepat panas serta mengakibatkan baterai cepat rusak.

Semua sebab di atas dapat membuat smartphone kamu lemot. Apabila masih sering cepat panas , kami sarankan untuk melakukan factory reset, dan sebelum melakukan factory reset sebaiknya kamu backup terlebih dahulu data data penting kamu.

Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat buat kamu dan menambah wawasan kamu. Selamat Mencoba

Baca Juga Tips Trik Android Lainnya di 7gadget.tech