Skip to main content

Search This Blog

Sejarah iPhone: Perkembangan iPhone dari Masa ke Masa

IPhone History: The Development of the iPhone from Time to Time – Sudah lebih dari sepuluh tahun, iPhone berkiprah di dunia komunikasi khususnya ponsel pintar alias smartphone. Tapi apakah kamu tahu bagaimana proses regenerasi iPhone hingga saat ini?

Dan bagaimana juga dengan perjuangan CEO Apple Steve Jobs menciptakan ponsel yg sekaligus bisa melakukan panggilan telepon, memutar video dan musik serta terkoneksi dengan internet?

Sejarah iPhone: Perkembangan iPhone dari Masa ke Masa Beserta Spesifikasi Lengkap


Apple butuh waktu bertahun-tahun mengembangkan produk smartphone miliknya itu, yg tak lain ialah iPhone.

Pendiri Apple, Seteve Jobs pertama kali memperkenalkan iPhone generasi pertama pada acara MacWorld di San Francisco, California pada tanggal 9 Januari 20017. Jobs mengatakan bahwa “Apple menemukan kembali arti sebuah telepon”, secara spontan pengunjung saat itu bertepuk tangan.

Bagi kamu yg baru migrasi dari Android ke perangkat iOS ini atau belum tahu mengenai perkembangan iPhone dari masa ke masa, berikut  10 lebih varian iPhone yg kami telah rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

iPhone 2G Generasi Pertama (2007)

 

iPhone 2G via Wikipedia

iPhone 2G ialah iPhone generasi pertama dan cikal bakal lahirnya iPhone generasi terbaru. Lima bulan setelah diperkenalkan, tepatnya 29 Juni 2007 smartphone Apple seri pertama ini mulai dijual di Apple Store dan sempat menyita perhatian masyarakat, khususnya penggiat teknologi.

Bagaimana tidak, iPhone kala itu ialah satu-satunya ponsel dengan layar sentuh besar dan sudah mendukung jaringan selular 2G serta dilapisi bahan metal dibagian belakangnya.

Umumnya, handphone disaat itu masih kebanyakan menggunakan papan ketik. Berbeda dengan iPhone yg sudah dilengkapi dengan virtual keyboard dan teknologi layar sentuh (touch screen).

Ukuran layar iPhone 2G 3,5 inci dan dibekali dengan kamera belakang resolusi 2 megapixel. Pada saat itu, iPhone 2G menjadi ponsel tercanggih saat itu sekalipun hanya bisa megnambil gambar dan tidak bisa merekam video.

Varian iPhone 2G hanya terdiri dari tiga pilihan penyimpanan merupakan 4GB, 8GB dan 16GB. Walaupun kapasitasnya terbilang kecil, tapi menjadi ponsel terlaris dan produk Apple ini dibandrol dengan harga mahal.

iPhone 3G Generasi Kedua (2008)

 

iPhone 3G Generasi Kedua (2008)
iPhone 3G

Apple memperkenalkan iPhone generasi ke 2, iPhone 3G pada acara WWDC 2008.  Sesuai dengan namanya, ponsel besutan Apple ini sudah mendukung koneksi 3G (UMTS/HSDPA) yg kecepatannya 3.6Mbps dan sudah dilengkapi dengan GPS.

Menggunakan layar sentuh “multi-touch”, sama seperti pendahulunya. Ukuran layarnya 3.5 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel.

Bagian belakangnya yg diselimuti plastik hitam dan putih, bukan aluminium dan resolui kamera iPhone 3G 2MP dan telah mendukung fitur geotagging.

App Store hadi pertama kali ketika perilisan iPhone OS 2.0, yg memungkinkan penggunanya bisa download aplikasi iPhone di App Store.

Perilisan App Store ini juga menjadi salah satu penyebab lahirnya berbagai industri mobile gaming. Ada banyak pengembang game yg mulai membuat dan menjual aplikasi di App Store.

Apple mengatakan bahwa varian iPhone 3G ini mampu memutar musik hingga 24 jam, 3 jam untuk panggilan 3G, 5 jam berselancar dengan koneksi 3G, dan bertahan selama 7 jam untuk memutar video.

iPhone 3GS Generasi Ketiga (2009)

iPhone 3GS Generasi Ketiga (2009)
iPhone 3GS

Sebagai penerus iPhone generasi pertama dan kedua, iPhone 3GS memiliki performa yg jauh lebih cepat. Tambahan huruf ‘S’ pada seri iPhone ini ialah singkatan dari “speed” atau kecepatan.

Prosesor lebih cepat dengan kecepatan 600MHz dan juga peningkatan RAM menjadi 256MB, dua kali lebih cepat dari iPhone 3G membuatnya mampu menjalankan aplikasi tanpa lagging. Tidak hanya kecepatan prosesor, koneksi jaringan juga ditingkatkan menjadi 3G yg kecepatannya mencapai 7.2Mbps.

Perbedaan iPhone 3G dan 3GS tidak terlalu nampak dari segi penampakan fisik keduanya, bisa dikatakan mirip. Sama-sama punya desain elegan dan dibalut bahan plastik premium permium serta terasa nyaman saat digenggam.

Tapi iPhone 3GS menawarkan kecepatan rendering lebih cepat di browser Safari dibandingkan iPhone 3G dan juga dilengkapi kamera resolusi tinggi yg bisa merekam video 480p dan menambahkan fitur Voice Control.

Daya tahan baterai juga meningkat, iPhone 3GS mampu bertahan selama 9 jam lamanya sekalipun terhubung ke WiFi. Lain halnya dengan iPhone 3G yg hanya bertahan selama 5 jam.

Untuk dukungan sistem operasi iPhone, iPhone generasi ke 3 ini sudah menggunakan iPhone OS 3.0 dengan berbagai fitur seperti cut, copy, paste, memo suara, kompas digital dan fitur lainnya. Sayangnya, iPhone 3GS hanya bisa menikmati update iOS paling tinggi iOS 5.

Seri iPhone ini diluncurkan pada 19 Juni 2009 dan punya 2 varian kapasitas penyimpanan merupakan 16GB dan 32GB.

iPhone 4 Generasi Keempat (2010)

iPhone 4 Generasi Keempat (2010)
iPhone 4

Setelah tiga tahun merilis generasi iPhone pertama, kedua, dan ketiga. Tepatnya pada 24 Juni 2010, Apple kembali merilis smartphone desain baru yg lebih elegan dan hardware dengan perubahan yg cukup signifikan dibandingkan pendahulunya.

Bahan iPhone 4 tidak lagi menggunakan plastik tapi casing iPhone berbahan kaca dan pinggirannya dilapisi dengan bahan premium stainless steel yg padat. Beratnya 137 gram atau sekitar 4.8 ons, lebih berat dibandingkan generasi sebelumnya tapi masuk dalam daftar kategori ponsel tertipis kala itu.

Perusahaan asal Cupertino itu memproduksi generasi keempat iPhone dengan mengusung layar berteknologi Retina Display yg menjadikan layarnya lebih tajam tapi masih mempertahankan ukuran layar 3.5 inci dengan resolusi 960 x 640 piksel.

iPhone 4 juga sudah dibekali dengan prosessor A4, RAM 215MB, kamera depan 0,3MP untuk panggilan video, FaceTime dan selfie. Begitupun dengan kamera belakang iPhone, resolusi tinggi 5MP yg memungkinkan untuk merekam video resolusi 720 piksel dan dilengkapi dengan LED flash.

Dukungan prosesor yg mumpuni dan iOS 4 memungkinkan penggunanya melakukan multi-tasking dan menikmati berbagai fiturnya seperti remote desktop PC denga TeamViewer, menghapus semua data seandainya iPhone hilang, dan nonton video streaming beresolusi tinggi.

Fitur multi-tasking, memungkinkan kamu untuk menjalankan banyak aplikasi iPhone secara bersamaan tanpa takut adanya kemungkinan lag.

iPhone 4 sudah mulai meninggalkan kartu SIM yg ukurannya besar dengan menggunakan kartu micro SIM.

Pada minggu perdana saat dirilis, berhasil memecahkan rekor penjualan karena iPhone 4 laku terjual kisaran 1,2 juta unit. Tapi saat dirilis, iPhone 4 punya masalah pada perangkat antenanya yg mengakibatkan sinyal data seluler hilang.

iPhone 4S Generasi Kelima (2011)

iPhone 4S Generasi Kelima (2011)
iPhone 4S

Lain halnya dengan huruf ‘S’ di iPhone 4S, S bukan bersimbolkan “speed” seperti di iPhone 3GS tapi melambangkan Siri. Tim Cook, CEO Apple baru pengganti Steve Jobs itu mengenalkan asisten virtual pribadi.

Siri ialah aplikasi assiten pribadi yg dibuat dan diperkenalkan pertama kali oleh Apple di iPhone 4S yg mampu mengerti dan melaksanakan perintah yg diberikan melalui suara. Saat kamu ingin membaca email, mengirim pesan, atau melakukan panggilan telepon, kamu hanya perlu mengaktifkan Siri kemudian berbicara dengannya.

Berbagai fitur dan layanan baru lainnya juga dihadirkan di generasi iPhone kelima ini seperti iCloud, iMessage, terintegrasi Twitter, Notification Center dan aplikasi pengingat (Reminders). Untuk menunjang fitur tersebut, Apple menanam prosesor dual-core A5 dan kamera 8MP.

Chipset iPhone 4S kecepatannya 2x lipat dibandingkan chipset A4 yg tertanam di iPhone 4 dan tersedia dalam tiga varian berdasarkan kapasitas penyimpanannya merupakan 16GB, 32GB dan 64 GB.

Dengan iPhone 4S, kamu sudah bisa merekam video resolusi hingga 1080p. Begitupun dengan daya tahan baterai, juga ditingkatkan sehingga kamu bisa melakukan panggilan telepon selama 8 jam, akses internet selama 6 jam dengan jaringan 3G, 10 jam memutar video, dan 40 jam mendengarkan musik.

Peningkatan hardware dan penambahan fitur ini jadi penyebab penjualan iPhone 4s mengalami peningkatan daripada iPhone generasi sebelumnya, tembus diangka 4 juta.

Sekalipun ada banyak kelebihan iPhone yg dirilis pada tahun 2010 ini, tak sedikit juga yg mengeluhkan beberapa masalah yg terjadi seperti baterai cepat habis (boros), kamera, dan tidak mendukung jaringan 4G.

Tapi untuk dukungan sistem operasi, iPhone 4S ialah perangkat iOS yg mendukung 5 versi update iOS merupakan iOS 5, iOS 6, iOS 7, iOS 8, dan iOS 9.

iPhone 5 Generasi Keenam (2012)

iPhone 5 Generasi Keenam (2012)
iPhone 5

iPhone generasi keenam ini diperkenalkan saat menyelenggarakan ajang Apple 12 September 2012 dan baru menjualnya pada 21 September 2012, tiga hari setelah dirilis iOS 6 Final. Berbeda dari perangkat iOS sebelumnya, iPhone 5 hadir dengan layar ukuran 4 inci, lebih panjang, tipis dan ringan sehingga terasa nyaman ketika digenggam.

Kualitas layar iPhone 5 jauh lebih bagus, resolusi 1136×640 piksel dan telah menggunakan teknologi In-Cell. Performa layar multi-touch ini juga ditingkatkan oleh Apple walaupun dengan ukuran layarnya agak tipis dengan ketebalan 0,3 inci.

Desain headset iPhone akan sangat terasa nyaman saat dipasang di telinga dan tidak akan membuat telinga sakit meskipun digunakan dalam jangka waktu yg lama. Selain desainnya yg berbeda, headset ini mampu menghasilkan kualitas suara yg sangat bagus.

iPhone 5 dibekali dengan prosesor yg kecepatan dan performa grafisnya dua kali lipat lebih cepat daripada iPhone 4, merupakan A6. Begitupun dengan kamera iPhone 5, resolusinya 8MP.

Pada perilisan iPhone 5, Apple meninggalkan konektor dock 30-pin dan memilih menggunakan konektor baru 8-pin, yg disebut Lightning. iPhone generasi ke-6 ini juga tidak lagi memakasi kartu micro SIM tapi menggantinya dengan nano SIM, yg ukurannya lebih kecil.

Ada banyak orang saat itu lebih memilih gunting kartu micro SIM menjadi nano SIM agar bisa dipakai di iPhone 5 ketimbang membelinya karena masih terbilang langka. Hanya ada dua operator selular yg menjualnya, XL dan Axis.

Apple menyematkan prosesor iPhone A6, dan dukungan jaringan seluler 4G LTE sehingga ketika menggunakan iPhone 5 terasa sangat lancar dan cepat, tidak terjadi hang ataupun lagging.

Sistem operasi baru Apple juga disematkan di ponsel generasi ke 5 ini, iOS 6 dengan berbagai fitur baru diantaranya Passbook, Apple Maps, dan Siri yg lebih pintar.

Baterai iPhone juga diklaim oleh Apple tidak boros atau lebih awet karena daya tahan baterai lebih lama dibandingkan perangkat iOS sebelumnya, mampu browsing selama 8 jam pada koneksi 4G, panggilan 3G selama 8 jam, 10 jam berselancar internet dengan WiFi dan mendengarkan musik selama 40 jam.

iPhone 5S dan 5C Generasi Ketujuh (2013)

iPhone 5S dan 5C Generasi Ketujuh (2013)
iPhone 5S dan iPhone 5C

Pada ajang WWDC 2013, 10 September 2013 Apple secara bersamaan merilis dua seri iPhone baru merupakan iPhone 5S dan iPhone 5C. Keduanya ialah generasi iPhone ke 7.

iPhone 5S menjanjikan performa tinggi karena dibekali chip Apple A7 dan iOS 7 yg mampu menjalankan aplikasi arsitektur 64 bit dan 32 bit. Selain itu, iPhone ini juga sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari Touch ID sebagai pengganti password untuk meningkatkan keamanan pemiliknya.

Sekalipun iPhone 5S masih menggunakan kamera 8MP tapi membawa kemampuan yg lebih, bukaan lensa kamera iPhone lebih besar dan ditunjang LED flash ganda. Apple memang tidak meningkatkan resolusi kamera tapi mampu merekam video slow-motion resolusi 1280 x 720 piksel.

Berbeda dengan iPhone 5C, spesifikasinya bisa dikatakan sama saja dengan iPhone 5 tapi daya tahan baterai lebih awet dan sudah mendukung jaringan 4G. Perbedaan antara kedua iPhone tersebut terlihat dari desain backcase.

Casing menutupi bagian belakang iPhone terbuat dari bahan plastik premium yg tahan terhadap goresan dan disediakan dalam 5 varian warna merupakan kuning, hijau, biru, merah dan putih.

Huruf ‘C’ yg ada dibelakang angka 5 pada namanya itu artinya cheap atau murah. Tapi bukan berarti iPhone 5C ialah iPhone murah. Ukuran iPhone 5C agak panjang, lebih tebal dan juga agak berat dibandingkan iPhone 5S.

Keduanya tersedia dalam tiga jenis kapasitas penyimpanan merupakan 16GB, 32GB dan 64GB.

iPhone 6 dan 6 Plus Generasi Kedelapan (2014)

iPhone 6 dan 6 Plus Generasi Kedelapan (2014)
iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Setelah memperkenalkan dua seri iPhone di acara WWDC 2014, 9 September 2014. Apple kemudian merilis iPhone generasi ke 8, dua versi iPhone itu ialah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Hadir dengan desain yg menakjubkan dengan ukuran layar lebih besar. 4,7 inci ukuran layar iPhone sedangkan iPhone 6 Plus punya ukuran layar 5,5 inci.

iPhone 6 dihadirkan dalam dimensi 138.1 x 67 x 6.9 mm dan berat 129 gram (4,5 ons). Sementara iPhone 6 Plus membagikan dimensi bodi yg lebih besar, berukuran 158,1 x 77,8 x 7,1 mm dan berat 172 gram (6 ons).

Ada beberapa kemungkinan yg membuat Apple terinspirasi memproduksi iPhone ukuran layar seperti ini, diantaranya banyaknya smartphone Android yg diproduksi dengan ukuran layar besar dan pesatnya industri game mobile saat itu.

Keduanya dipersenjatai dengan prosesor A8, iOS 8 dan RAM tinggi yg memiliki kemampuan lebih cepat dan tampilan grafis yg lebih tajam dari generasi sebelumnya agar mumpuni saat menikmati konten multimedia, bermain game, merekam video, multi-tasking dan aktivitas lainnya.

Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dari segi resolusi kamera hanya beda tipis. iPhone 6 Plus memiliki resolusi lebih tinggi, 1920 x 1080 piksel sementara iPhone 6 dengan resolusi 1334 x 750 piksel.

Keduanya punya spesifikasi kamera yg sama merupakan 8MP tapi kamera iPhone 6 Plus diklaim bisa memotret dan merekam lebih bagus dengan komposisi cahaya terbiak karena Apple menyertakan Optical Image Stabilization (OIS).

Begitupun untuk baterai, walaupun keduanya menggunakan baterai yg bersifat non-removable atau tidak bisa dilepas tapi ada kelebihan dan kekurangan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kapasitas baterai 2.915 mAh untuk iPhone 6 Plus sedangkan iPhone 6 punya kapasitas 1.810 mAh.

Ada 3 kapasitas penyimpanan yg tersedia merupakan 16 GB, 64 GB, dan 128 GB dan juga tiga pilihan warna merupakan Space Gray, Silver dan Gold.

Tahu tidak mana warna iPhone 6 yg paling diminati kala itu?

iPhone 6S dan 6S Plus Generasi Kesembilan (2015)

iPhone 6S dan 6S Plus Generasi Kesembilan (2015)
iPhone 6S dan iPhone 6S Plus

Kemudian, Apple kembali lagi merilis dua ponsel unggulannya pada 25 September 2015. Tak lain ialah iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Perusahaan asal California, Amerika Serikat itu masih mengusung layar sama seperti generasi sebelumnya, masing-masing dengan ukuran layar 4,7 inci dan 5,5 inci tapi agak tebal dan dibalut bahan aluminium seri 7000 yg lebih kuat.

iPhone 6 Plus lebih tebal 0.2 mm dibandingkan iPhone 6, masing-masing memiliki bobot 143 gram dan 192 gram.

Selain ketebalan yg berbeda, apa lagi sih perbedaan iPhone 6 dengan 6S?

Generasi iPhone ke 9 ini menghadirkan fitur andalan dan teknologi baru, 3D Touch. Hardware ini mirip Force Touch yg dibenamkan di jam tangan pintar Apple Watch sebelumnya.

Apple menawarkan multi-touch terbaru ini di dua jenis iPhone 6S tersebut. Fungsi 3D Touch ialah mendeteksi tingkat tekanan yg berbeda pada layarnya.

Jadi, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus mampu mengetahui apakah kita menyentuhnya dengan pelan atau keras dan mereseponnya dengan hal yg berbeda pula.

Pada generasi iPhone ini, Apple sudah meninggalkan kamera belakang resolusi 8MP dan meningkatkan kamera depan menjadi 12 megapixel yg mampu merekam video 4K.

Apple mengklaim prosesor iPhone 6S, chip A9 dan iOS 9 mampu meningkatkan kinerjanya hingga 70% dan juga performa grafis yg kemampuannya lebih baik 90% dari pendahulunya.

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus tersedia dalam tiga varian berdasarkan kapasitas memori merupakan 16GB, 64GB dan 128GB dan pilihan warna yg lebih banyak dan menakjubkan antara lain Silver, Gold, Space Gray dan Rose Gold.

iPhone SE (2016)

iPhone SE (2016)
iPhone SE

Pada 22 Maret 2016, Apple merilis iPhone Special Edition yg dilabeli iPhone SE. iPhone generasi penerus setelah iPhone 6S dan 6S Plus tapi desainnya sama persis dengan iPhone 5S.

Meskipun layarnya hanya berukuran 4 inci, spesifikasi iPhone SE sama dengan iPhone 6S. Ditenagai prosesor A9, setara dengan chip yg terpasang di iPhone 6S dan cangkangnya dilapisi material aluminium.

Sayangnya, tidak ada beberapa fitur yg dihilangkan seperti 3D Touch, yg ada hanya Touch ID versi pertama. Ini ialah salah satu kekurangan iPhone SE.

Sedangkan spesifikasi kamera iPhone SE sama dengan iPhone 6S, 12MP mampu merekam video 4K. Kekurangan iPhone SE terletak di kamera depan 1,5 megapixel.

Tidak ada yg perlu dibanggakan dengan resolusi layar iPhone SE karena hampir mirip iPhone 5S, 1136 x 640 piksel.

Untuk spesifikasi yg tidak sama persis dengan iPhone 6S itu, iPhone SE dibanderol dengan harga $399 (5,1 juta) untuk kapasitas memori 16GB sedangkan untuk kapasitas 64GB dihargai $499 (6,6 juta).

Buat kamu yg menyukai ponsel kecil tapi performa yg memuaskan, sangat cocok menggunakan iPhone SE. Tak sedikit orang yg menyebutnya sebagai iPhone murah.

iPhone kecil dengan performa tinggi, singkatnya seperti itu mungkin.

iPhone 7 dan 7 Plus Generasi Kesepuluh (2016)

iPhone 7 dan 7 Plus Generasi Kesepuluh (2016)
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Pada kini, tepatnya 7 September 2016 lalu Apple menggelar event untuk mengumumkan kelahiran dua iPhone generasi kesepuluh. Kedua iPhone generasi ke 10 itu ialah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Seperti apa sih ponsel Apple terbaru itu? Mari kita bahas satu persatu spesifikasi dan fitur terbaru iPhone 7 dan 7 Plus ini.

Dimulai dari desain, tidak jauh beda dibandingkan generasi sebelumnya tapi membawa peningkatan dan penambahan fitur baru mulai dari layar, kamera, prosessor, baterai tahan lama, headphone, kapasitas memori hingga tahan air (waterproof).

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus nampak kelihatan dari ukuran layarnya, masing-masing dengan ukuran 4,7 inci, resolusi 1334 x 750 piksel dan 5,5 inci, resolusi 1920 x 1080 piksel. Selain itu, sudah menggunakan layar Retina HD Display yg diyakini akan membuat penggunanya betah berlama-lama menatap layarnya dan sangat nyaman digunakan bermain game ataupun nonton video.

Resolusi kamera masih tetap sama dengan iPhone 6S, 12MP. Ada dua kamera ganda yg dipasang secara terpisah di bagian belakang iPhone 7 Plus merupakan Telephoto dan Wide untuk memaksimalkan hasil jepretan.

Ada berbagai fitur yg mendukungnya seperti OIS, Phase Detection Autofocus (PDAF) dan quad-LED True Tone. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 7MP sangat bagus dan lebih tajam seandainya digunakan untuk panggilan video ataupun selfie.

Untuk menghasilkan kualitas suara yg lebih bagus, Apple memilih meninggalkan port audio 3,5 mm menggantinya menjadi Lightning. Raksasa asal Cupertino itu juga merancang tombol Home iPhone 7 dan 7 Plus tanpa suara klik dan terasa bergetar ketika ditekan karena dilengkapi dengan teknologi Taptic Engine.

Prosesor A10 quad-core 64 bit Fusion yg kecepatannya 2x lipat dibandingkan iPhone 6 dan teknologi GPU yg performanya 2 kali lebih cepat dibandingkan iPhone 6S. Walaupun keduanya mampu menjalankan iOS 10 dengan fitur asisten digital Siri yg lebih pintar tapi iPhone 7 dibekali RAM 2GB dan iPhone 7 Plus 3GB sehingga kamu tidak akan mengalami masalah saat bermain game online high-end.

Masalah ketahanan baterai, Apple mengklaim baterai iPhone 7 tahan lebih lama sekitar 2 jam dibandingkan iPhone 6S sedangkan baterai iPhone 7 Plus tahan lebih lama 1 jam dari iPhone 6S Plus.

Untuk menunjang aktivitas, Apple sudah menyiapkan kapasitas memori yg lebih besar. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus menyediakan tiga kapasitas penyimpanan antara lain 32GB, 128GB dan 256GB. 16GB dan 32GB sudah tidak lagi tersedia lagi di kedua seri ponsel ini.

Dalam hal varian warna, ada 4 pilihan yg tersedia merupakan Silver, Gold, Rose Gold, Black Matte dan Jet Black (hitam mengkilat).

Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus berkisar di angka 12 juta hingga 17 juta, bergantung dari kapasitas media penyimpanan yg dipilih.

Penutup

Itulah beberapa generasi iPhone dimana Apple setiap tahunnya merilis hardware dan fitur terbaru untuk membagikan kenyamanan. iPhone yg memegang predikat sebagai iPhone tertips dan paling kecil ialah iPhone SE.

Apple juga sangat memperhatikan beberapa aspek lainnya seperti warna, kapasitas penyimpanan saat ingin memproduksi iPhone terbaru. Tak terkecuali untuk iPhone X yg akan dikenalkan di ajang Apple pada 12 September 2017 nanti.

Sudah ada banyak rumor yg bereder mengenai spesifikasi beserta fitur terbaru yg akan dihadirkan di iPhone 8, iPhone X, iPhone 7S, iPhone 7S Plus tapi nantinya semua itu akan terungkap di event tersebut. yg pasti, smartphone Apple diatas akan menjalankan iOS 11.

Baca Juga Info Smartphone Lainnya di 7gadget.tech